Senin, 10 Agustus 2015

GENERASI KOMPUTER

A.     Generasi Komputer
              1.      Komputer Generasi Pertama (1940 – 1959)
Komputer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari penemuan-penemuan manusia sejak dahulu kala berupa alat mekanik maupun elektronik. Setelah hampir 12 abad, muncul penemuan lain dalam hal mesin komputasi.
Pada tahun 1642, Blaise Pascal (1623-1662), yang pada waktu itu berumur 18 tahun, menemukan apa yang ia sebut sebagai kalkulator roda numerik (numerical wheel calculator) untuk membantu ayahnya melakukan perhitungan pajak.
Pada tahun 1946 Dr John Mauchly dan Presper Eckert berhasil menciptakan ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Calculator) dan EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer) yang merupakan cikal bakal komputer terciptanya UNIVAC I ( komputer pertama yang digunakan untuk memproses data perniagaan). Ciri-ciri komputer generasi pertama antara lain:
1)      Komponen dasarnya adalah vacuum tubes atau tabung hampa;
2)      Bahasa yang digunakan adalah bahasa mesin;
3)      Bentuk fisik besar dengan kapasitas yang relatif kecil, misalnya ENIAC mempunyai bobot 30 ton dengan 18.000 vacum tubes;
4)      Memerlukan environment yang khusus karena banyak menghasilkan panas.

Komputer generasi pertama ini, antara lain:
a.       ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Calculator )
Komputer generasi ini sudah mulai menyimpan data yang dikenal sebagai konsep penyimpanan data (stored program concept) yang dikemukakan oleh John Von Neuman.
b.      EDVAC Computer (Electronic Discrete Variable Automatic Computer)
Penggunaan tabung vakum juga telah dikurangi di dalam perancangan komputer EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer) di mana proses perhitungan menjadi lebih cepat dibandingkan ENIAC.
c.       EDSAC COMPUTER (Electonic Delay Storage Automatic Calculator)
EDSAC (Electonic Delay Storage Automatic Calculator) memperkenalkan penggunaan raksa (merkuri) dalam tabung untuk menyimpan data.
d.      UNIVAC 1 Computer (Universal Automatic Calculator)
Pada tahun 1951 Dr Mauchly dan Eckert menciptakan UNIVAC 1(Universal Automatic Calculator ) komputer pertama yang digunakan untuk memproses data perdagangan.

       2.      Komputer Generasi Kedua (1959-1964)
Pada tahun 1948, penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis. Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik juga membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya.
IBM membuat komputer bernama LARC. Hanya ada dua LARC yang pernah dipasang dan digunakan: satu di Lawrence Radiation Labs di Livermore, California dan yang lainnya di US Navy Research and Development Center di Washington D.C.
Ciri-ciri computer generasi kedua adalah sebagai berikut :
1)      Menggunakan transistor sebagai komponen utama
2)      Bahasa yang dipergunakan adalah bahasa assembly dan fortran
3)      Kapasitas memori sudah cukup besar dan prosesnya sudah lebih cepat
4)      Ukuran fisik sudah lebih kecil daripada komputer generasi pertama
5)      Membutuhkan lebih sedikit daya listrik

Mesin komputer generasi kedua antara lain:
§  IBM seri 1400
§  UNIVAC III
§  NCR Seri 304
§  CDC Model 6600 super dan 7600

     3.      Komputer Generasi Ketiga (1964-1990)
Pada generasi ketiga ukurannya jauh lebih kecil karena teknologi Chip mulai digunakan untuk menggantikan transistor sebagai program logic komputer. Intergrated Circuit (lebih dikenal dengan IC) merupakan satu rangkaian elektronik lengkap dalam satu chip silikon yang kecil.

Cincin magnetic tersebut dapat di-magnetisasi secara satu arah ataupun berlawanan, dan akhirnya men-sinyalkan kondisi “ON” ataupun “OFF” yang kemudian diterjemahkan menjadi konsep 0 dan 1 dalam system bilangan biner yang sangat dibutuhkan oleh komputer. Digunakan pertama kali pada tahun 1965. Variannt bahasa pemrograman yang lain pun telah muncul seperti BASIC, Pascal dan PL/1. Contoh komputer generasi ketiga adalah Apple, PC, dan NEC PC.
Mesin komputer generasi ketiga antara lain:
§  IBM sistem 360
§  IBM sistem 3
Ciri-cirinya antara lain:
1.      Menggunakan IC (Integrated Circuit) sebagai komponen utama;
2.      Program dalam bahasa tingkat tinggi (High level language).
3.      Mulai menempatkan konsep operasi Multi processing dan multi programmming.

   4.      Komputer Generasi Keempat (1990-an)
Ciri-ciri dari komputer generasi keempat adalah sebagai berikut :
a.       Menggunakan LSI (Large Scale Integration)
b.      Dikembangkan komputer mikro yang menggunakan microprosessor dan semiconductor yang berbentuk chip untuk sebuah memori komputer.
c.       Program High level language
d.      Kapasitas semakin besar dan bentuk makin kecil
e.       Operating lebih mudah.

Mesin komputer generasi keempat antara lain:
§  IBM sistem 370
§  Burrough 700
Komputer generasi keempat dikarakteristikkan dengan memori semikonduktor yang cepat, ukuran kecil, dan kebutuhan tenaga yang lebih kecil. Karena setelah IC. Tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik.  Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip.
Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal. Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan.
Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil.
Sebelumnya, IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik. Sekarang, sebuah mikroprosesor dapat diproduksi dan kemudian diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan. Salah satu contoh komputer generasi keempat adalah Apple II.
Pada pertengahan tahun 1970-an, perakit komputer menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat umum. Komputer-komputer ini, yang disebut minikomputer, dijual dengan paket peranti lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam. Peranti lunak yang paling populer pada saat itu adalah program word processing dan spreadsheet.
Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah.

     5.      Komputer Generasi Kelima (Sekarang-Masa Depan)
Komputer-komputer saat ini merupakan komputer generasi kelima. Komponen yang digunakan adalah VLSI (Very Large Scale Integration). Komputer pada generasi ini akan dikembangkan menjadi komputer yang dapat menterjemahkan bahasa manusia, bercakap-cakap dengan manusia, dapat melakukan diagnosa penyakit yang lebih akurat, dsb. Sifat luar biasa ini disebut sebagai “artificial intelligence”.
Generasi kelima dalam sejarah evolusi komputer merupakan komputer impian masa depan. Ia diperkirakan mempunyai lebih banyak unit pemprosesan yang berfungsi bersamaan untuk menyelesaikan lebih daripada satu tugas dalam satu masa.
Komputer ini juga mempunyai ingatan yang amat besar sehingga memungkinkan penyelesaian lebih dari satu tugas dalam waktu bersamaan. Unit pemprosesan pusat juga dapat berfungsi sebagai otak manusia.
Ciri ciri komputer generasi kelima adalah sebagai berikut :
a)      Komputer generasi ini masih dalam tahap pengembangan dan pemakainya belum banyak.
b)      Pengembangan komputer genarasi ini dipelopori oleh negara Jepang.
c)      Komponen elektronikanya menggunakan bentuk paling baru dari chip VLSI.
d)     Program dibuat dalam bahasa PROLOG (Programming Logic) dan LISP (List Processor).
e)      Komputer generasi kelima difokuskan kepada AI (Artificial Inteligence / Kecerdasan Buatan), yaitu sesuatu yang berhubungan dengan penggunaan komputer untuk melaksanakan tugas-tugas yang merupakan analog tingkah laku manusia.

Sifat-sifatnya:
1)      Dapat membantu menyusun program untuk dirinya sendiri.
2)      Dapat menerjemahkan dari suatu bahasa ke bahasa lain.
3)      Dapat membuat pertimbangan-pertimbangan logis.
4)      Dapat mendengar kalimat perintah yang diucapkan serta melaksanakannya.
5)      Dapat memilih setumpuk fakta serta menggunakan fakta yang diperlukan.
6)      Dapat mengolah gambar-gambar dan grafik dengan cara yang sama dengan mengolah kata, misalnya dapat melihat serta mengerti sebuah foto.

Banyak kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi semakin memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model von Neumann. Model von Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak.
Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi. Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima.

Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini telah gagal, namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar